top of page

Everyday Carry Arsitek serba Hitam

Hai teman-teman, apa kabar? Semoga sehat selalu. Waktu awal tahun tuh niatnya pengen rutin nulis minimal sebulan sekali. Sekarang udah bulan Maret tapi artikel yang rilis baru dua. Haha... Ya udahlah, semoga setelah ini makin semangat nulis kedepannya.


Kali ini saya mau bahas tentang everyday carry. Sebenarnya udah pernah bahas tentang hal ini sih di artikel tahun 2020 lalu. Kamu bisa membacanya disini. Tapi karena udah lewat 4 tahun, saya cuma mau ngasih update aja. Berikut ini adalah daftar barang bawaan serba hitam yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibawa sehari-hari guna menunjang pekerjaan mu."Koq hitam?". Ya nggak harus juga sih sebenarnya. Tapi hitam memberikan kesan elegan. Yuk langsung dicek aja.


Architect EDC, Barang Bawaan Arsitek
Everyday Carry 2024. Image by Adityuwana

Smartphone

Kita mulai dari smartphone. Selain sebagai alat komunikasi, smartphone digunakan sebagai alat bekerja dan fotografi sehingga perangkat lain seperti laptop dan kamera nggak perlu kamu bawa setiap saat. Jika kamu suka menjelajahi kota dan terkadang nggak sengaja nemu sesuatu dari sebuah bangunan yang menarik untuk difoto, kamera smartphone buat udah lebih dari cukup untuk mengabadikannya.


Kamu bisa menggunakan smartphone tipe apapun dengan kamera yang mumpuni. Jika berbasis iOS, iPhone 15 adalah pilihannya. Perangkat terbaru ini telah mendukung USB-C sehingga makin kompatibel dengan perangkat lain. Jika berbasis android, kamu bisa mencoba Samsung Galaxy S24 yang punya spek kamera yang luar biasa keren. Aplikasi tambahan yang biasa digunakan adalah Snapseed untuk editing foto dan Black Magic Camera untuk pengambilan video.



Wallet

Dompet adalah benda wajib yang selalu dibawa oleh siapapun. Kamu bisa menggunakan Cowather slim wallet yang tipis, compact, dan bentuknya minimalis. Dompet ini mampu menampung sekitar 6 kartu dan beberapa lembar uang cash dan dilengkapi dengan single press card out. Dompet slim seperti ini sudah sangat cukup buat kamu yang sukanya bawa sedikit uang cash, apalagi sekarang udah zamannya cashless. Dompet yang tipis dan kecil juga membuat kamu nggak lagi menyimpan nota-nota belanjaan hinga bertumpuk.



Smart Watch

Meskipun bisa melihat jam di hape, tapi jam tangan adalah salah satu aksesoris wajib yang perlu kamu miliki. Kenapa? Karena orang yang menggunakan jam tangan terkesan lebih menghargai waktu. Jam tangan juga membuat kamu terlihat lebih menghargai lawan bicara dibanding ketika melihat jam melalui hape selama percakapan. Ini terkesan kurang sopan di depan lawan bicaramu.


Sangat banyak pilihan jam tangan diluar sana mulai dari jam tangan konvensional atau jam tangan pintar (smartwatch). Kamu bisa memilih yang sesuai dengan budget mu. Untuk jam tangan pintar, kamu bisa mempertimbangkan Redmi Watch 3 yang harganya sangat terjangkau. Redmi Watch bisa terhubung ke smartphone mu dengan aplikasi Mi Fitness. Smartwatch ini sama seperti smartwatch lainnya, adalah perangkat activity tracker. Fitur lain-lain dari Redmi Watch pada umumnya sama dengan smartwatch lain.



Wireless Earbuds

Buat kamu yang suka dengerin musik atau podcast, kamu bisa mempertimbangkan wireless earbuds. Saya merekomendasikan Anker Soundcore R50i setelah melihat review dan rekomendasi orang-orang di media sosial. Harganya terjangkau kurang dari 200 ribu, sound nya mantep, dan punya app khusus buat ngatur earbuds nya. Baterenya awet, sampe kadang lupa kapan terakhir kali ngecas. Oh iya, buat kamu yang suka podcast, mungkin kamu bisa ngecek rekomendasi podcast arsitektur di postingan ini.



Tablet

Sebagai perangkat sekunder, tablet hanya saya bawa saat tertentu saja dan nggak setiap hari. Seringnya hanya saat meeting lapangan atau kalo pas bikin sketsa gambar saat koordinasi online. Saya masih menggunakan iPad Air 4 yang saya beli akhir 2020 yang lalu. Sejauh ini sih ngga ada kendala sama sekali setelah pemakaian 4 tahun. Masih dapat dukungan update OS, storage masih banyak, performa masih kenceng, dan ngga pernah ngelag. Kamu bisa baca tentang iPad saya di postingan ini. Jika tertarik, kamu bisa menggunakan iPad Air Gen 5 yang memiliki performa lebih kencang karena ditenagai chipset Apple M1, atau yang seri Pro dengan chipset M1 atau M2.



Hard Drive Eksternal

Barang ini juga bukan bawaan tiap hari sih, tapi saya masukin ke list ini karena sering saya bawa pas lagi kerja di luar kantor atau di luar rumah. Sebagian data kerjaan saya ada di hard drive ini, dan sebagian lagi menggunakan cloud storage. Saya menggunakan Seagate Expansion 1TB. Hard Drive ini udah lama sebenarnya, tapi karena kondisinya masih bagus banget, saya belum punya alasan untuk upgrade. Kamu juga bisa mempertimbangkan SSD Eksternal yang performanya lebih kenceng dari HDD. Saya merekomendasikan Sandisk Extreme 1 TB.



Parfum

Saya punya beberapa parfum travel size yang karena bentuknya kecil, kadang saya bawa di saku hampir setiap saat. Alasannya, selain menjaga agar tetap wangi dan percaya diri, juga bisa meningkatkan kesan profesional saat bertemu dengan klien, rekan kerja, atau dalam situasi formal lainnya. Nah, yang sekarang lagi saya pake adalah Bvlgari Man in Black. Wanginya classy dengan aroma Spices, Rum, dan Tobacco di top notesnya.



Waist Bag

Barang EDC terakhir yang saya rekomendasikan adalah waist bag untuk menyimpan semua benda yang sudah saya bahas sebelumnya. Kamu bisa menggunakan Kalibre Formiga karena ukurannya pas untuk tablet berukuran 11 inch. Selain itu juga dilengkapi dengan beberapa kompartemen di dalamnya.


Itu aja teman-teman, everyday carry yang saya rekomendasikan. Saya yakin kamu juga pasti punya beberapa barang yang selalu dibawa harian untuk mendukung aktivitas mu. Sampai jumpa di postingan selanjutnya ya. Bye!

15 tampilan

Postingan Terkait

Comments


bottom of page